RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA N 1 Kandanghaur
Kelas / Semester
: XII / I
Mata pelajaran
: Biologi
Topik :HEREDITAS
Pertemuan ke- :3
Alokasi waktu :
1 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuanprosedural
pada bidangkajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
dasar :
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem
dan bioproses yang terjadi pada mahluk hidup.
1.2
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuanmengamati
bioproses.
1.3 Peka dan peduli terhadap permasalahan
lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Berperilakuilmiah: teliti, tekun,
jujurterhadap data danfakta, disiplin, tanggungjawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, beranidansantun
dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, pedulilingkungan, gotong royong, bekerjasama,
cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktifdalamsetiaptindakandandalammelakukanpengamatandanpercobaan
di dalamkelas/laboratoriummaupun di luarkelas/laboratorium.
2.2 Peduliterhadapkeselamatandiridanlingkungandenganmenerapkanprinsipkeselamatankerjasaatmelakukankegiatanpengamatandanpercobaan
di laboratoriumdan di lingkungansekitar
IndikatorPencapaianKompetensi
:
1.
Aktifdalampembelajaran
2.
Beranimengemukakanpendapat
3.
Memperjelas
jawaban yang di utarakan teman terhadap pertanyaan guru
4. Membiasakan menanya materi
yang tidak dipahami
3.8 Hereditas
berarti penurunan sifat-sifat genetik dari orang tua ke anak.
Indikator :
Mendeskripsikan
hubungan sel, kromosom, gen, dan DNA
Mendeskripsikan struktur DNA
Mendeskripsikan
proses replikasi DNA
Mendeskripsikan
struktur RNA
Membedakan
DNA dan RNA
4.8
Menyajikanhasilanalisistentangkelainanpadastrukturdanfungsijaringan organ
pernapasan/respirasi
yangmenyebabkangangguansistemrespirasimanusiamelaluiberbagibentuk media
presentasi.
4.9
Merencanakandanmelaksanakanpengamatanpengaruhpencemaranudaradanmengolahinformasibeberaparesikonegatifmerokokpadaremajauntukmenentukankeputusan
IndikatorPencapaianKompetensi :
1.
Mencariartikeltentangpengaruhpolusiudara
yang adadiperkotaanterhadappernafasan
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
C.
Tujuan
pembelajaran
1.
Mendeskripsikan
struktur RNA dan DNA serta sifat dan fungsinya
2.
Menjelaskan
hubungan antara DNA, gen, dan kromosom
3. Menjelaskan
hubungan gen dengan sintesis protein
4.
Menjelaskan
tentang pembelahan mitosis dan meiosis
5.
Menghubungkan
pembelahan mitosis dan meiosis dalam pewarisan sifat
6. Menjelaskan pola khas hereditas (penyimpangan semu, tautan, pindah silang,
gagal berpisah dengan letal, sistem ABO, dan tertaut seks kromosom)
7. Menjelaskan penyakit menurun pada masyarakat
8. Menerapakn konsep pewarisan sifat untuk memperoleh strain organisme unggul
9. Mengidentifikasi macam-macam mutasi kromosom dengan adanya perubahan
jumlah, struktur atau urutan susunan DNA pada kromosom
10. Menghubungkan antara faktor penyebab mutasi yang terjadi
11. Mengkaji dampak dan keuntungan mutasi bagi makhluk hidup lain dan manusia
D.
Materi ajar :
Struktur sel dan kromosom
Hubungan kromosom, gen, dan DNA
Struktur DNA
Replikasi DNA
E.
Strategi
pembelajaran :
Metode : Talking Stik
F.
Alat dan Sumber
belajar :
1.
Alat dan bahan
·
Infokus
·
Spidol
·
Dll
G.
Kegiatan
pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
o Orientasi
MenayangkanReplikasi DNA
o Apersepsi
·
Sebutkan
macam-macam penyakit keturunan?
o Motivasi
SetelahmempelajaritentangHereditasakanmenambahwawasantentangmacam-macam kelainan Gen pada Manusia
|
5 menit
|
Inti
|
o Guru menyampaikanmaterikepadasiswa.
o Menyusuntempatduduksiswamenjadileter U.
o Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu
guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus
menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian
untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
|
35 menit
|
Penutup
|
o Siswa memberikan
kesimpulan dari materi yang sudah disampaikan
o Memberikantugasrumah
o Menginformasikan tentang kegiatan pembelajaran atau materi pada
pertemuan berikutnya
|
5menit
|
H.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
Penilaian proses : Kuis
No comments:
Post a Comment
silahkan tinggalkan komentar anda,biar saya dapat memperbaiki dan melayani anda dengan baik
makasih sudah berkunjung ke blogku kawan :)