Thursday, 6 March 2014

langkah dan perbedaan turun mesin

Pengertian bongkar mesin,turun mesin dan belah mesin :
1.      Bongkar Mesin
Bongkar mesin adalah perbaikan motor yang tidak memerlukan turunnya mesin dari motor. Pengerjaan Bongkar Mesin meliputi pelepasan silinder dan kepala silinder, pelepasan magnet pada bak mesin sebelah kiri, pelepasan komponen kopling dan sistem pompa oli
. Pengerjaannya meluputi pembersihan kerak pada ruang bakar, pembersihan sistem aliran bahan bakar dan pelumasan, kerak oli yang berada di dinding mesin juga kena jurus bersih-bersih.

2. Turun Mesin
Sekarang Turun Mesin, sesuai dengan namanya Turun Mesin mewajibkan mesin turun dari dekapan rangka motor. Dan penerjaan itu tidak dapat dilakukan jika mesin masih menempel di rangka motor. Umumnya turun mesin di lakukan karena ada pengerjaan pada bagian tengah mesin, seperti perbaikan pada kruk-as, transmisi(girbox), atau penggantian as kick starter.

3.
Belah Mesin
Belah Mesin,istilah ini biasanya ada di dunia balap motor. Gunanya untuk mengetahui daleman motor sesuai aturan balap atau tidak. Biasanya belah mesin dilakukan bagi pembalap yang juara 1 sampai 5
Langkah Kerja :
1. siapin alat-alatnya
* kunci-kunci standar seperlunya                                                                                

* kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling


* bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah

antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan

* bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin

yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah

* bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin


* lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen mesin bila perlu


* balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin


* kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin


* buku panduan

2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;
* mesin bagian kiri

o komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater


* mesin bagian atas


o komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep,

 piston, blok silinder

* mesin bagian kanan


o komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set


* mesin bagian tengah
                                                                                                 

o komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher

2.      jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen – komponen pada bak yang berbeda
3.       sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah
4.      setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen
5.      secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih, catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda
5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak
6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;
* gasket kit A ( paking top set )

* gasket kit B ( paking full set )


* oil seal selah


* oil seal operan / persnelling


* oil seal gear


* oli mesin 1 liter

7. pastika semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,
8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri
9. setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter
10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada semua bagian blok – blok mesin
Semoga bemanfaat.
Langkah-langkah menurunkan mesin :
           
1.Memastikan mesin dalam keadaan dingin
2.Mengeluarkan oli mesin Melepas oil di pstick. Melepas baut tap oli yang terletak
   disebelah kiri bawah mesin dengan menggunakan kunci ring  17.                             
3.Mengeluarkan air radiator  Memastikan air radiator dalam keadaan dingin. Melepas 3
 baut pengikat cover radiator dengan menggunakan kunci sock 8  Melepas lem penjepit
 selang radiator yang berhubungan dengan tabung reservoir dan membuka tutup radiator 
 Melepas baut tap air radiator dengan menggunakan kunci sock 10
4.Melepas semua sambungan kabel sistem kelistrikan yang berhubungan dengan mesin
•Melepas konektor 2P sensor ECT
•Melepas tutup busi
•Melepas konektor 2P alternator 
•Melepas konektor 2P motor starter
 •Melepas konektor kabel ignition pulse generator
 •Melepas konektor 3 P SE thermal valve
•Melepas baut dan kabel masa
•Bebaskan kabel kabel (ignitionpulse generator , SE thermalvalve , motor starter) agar tidak mengganggu proses menurunkan mesin
5.Melepas panel lantai
•Melepas 3 buah sekerup pengikat
•Bebaskan rear tabs side cover dengan cara menarik bagian belakang side cover atas kemudian bebaskan 3 buah lower tab dibagian bawah dengan cara menarik side cover sebelah bawah
•Bebaskan front lower tabs yang terletak dibawah sebelah depan dengan cara menarik side cover depan bawah
•Bebaskan 4 buah upper hooks dan frot nupper tabs cover kebelakang
6.Melepas tutup bodi / cover body
•Melepas grap rail
Pergunakan kunci kontak untuk membuka sadel
Melepas2 buah baut pengikat
Melepas sadel
•Melepas front center body cover 
Melepas 2 buah sekerup di rear side                                                                            
Melepas 3 buah sekeru pdi front side
Melepas 4 buah hooks dan 4 buah tabs front center body cover ke atas
•Melepas lug gage box
Melepas tutup radiator reserve tank
Melepas 4 buah baut
Melepas 2 buah sekerup rear side
Melepas sekerup di front side
Melepas lug gage box
•Melepas body cover 
Melepas sekerup
Melepas rear center body cover dengan menarik kebelakang dan bebaskan 2 buah hooks dari slot
Melepas seat lock cabel dari seat lock key cylinder dan holder 
Melepas konektor kombinasi lampu belakang 6 P
Melepas sekerup front side
Melepas sekerup dari kedua pillion step
Melepas 4 buah sekerup di rear lower side
Melepas 2 buah baut pada upper rear side
Menarik front side body cover ke atas dan bebaskan 2 buah tabs dari slotnya  –hati sambil ditarik kebelakang
7.Mengendorkan sekerup plat pengikat dan melepas sambungan pipa udara terhadap cover  crankcase sebelah kiri
8 .Melepas pipa karet karburator dari plat pengikat pipa udara
9.Melepas selang pernafasan mesin dari klem pengikatnya
10.Melepas selang SASS dari pipa pen-suplay udara SASS
11.Melepas mur penyetel rem belakang dan pin penghubung dari kabel rem
12.Melepas pegas pengembali dari lengan rem
                                                                                                                                     
•Lepaskan sebagai berikut :-Fuel hose-Fuel auto valve vacuum hose-PAIR control valve vacuum hose
•Longgarkan lock nut (murpengunci) dan lepaskan throttle cable (kabel gas)
.•Lepaskan throttle cable dari clamp.
•Lepaskan adjusting nut (mur penyetel) rem belakang dan joint pin (pin penyambung) dari brake cable (kabel rem)
.•Lepaskan return spring (pegas pengembalian) dari brake arm (lengan rem).
•Lepaskan cable clamp bolt (baut klem kabel).
•Lepaskan rear brake cable dari cable Holder (pemegang kabel).
•Lepaskan baut-baut pemasangan Dan sok breker belakang.
•Dukung rangka dalam posisi tegak.
•Tahan roda depan.
•Lepaskan nut (mur) dan engine hanger linkbolt (baut penghubung penggantung mesin).
•Tarik mesin sedikit lurus kebelakang dan lepaskan engine hanger link dari rangka
.•Putar bagian belakang mesin ke kiri dan lepaskan mesin
.•Lepaskan engine hanger link
MEMBONGKAR BAGIAN ATAS :
A.1--CYLINDER HEAD COVERCYLINDER HEAD COVER
•Lepaskan crankcase breather hose.
•Lepaskan special bolts (baut khusus),mounting rubbers dan cylinder head cover.
•Lepaskan rubber seal dari cylinder headcover.
•Pemasangan kebalikan dari caramembongkar
.•Posisi tanda “UP”pada seal menghadap keatas
•Torsi pengencangan baut 12 Nm.
A.2 – –CAM SHAFT / CYLINDER HEADCAM SHAFT / CYLINDER HEAD
•Putar crankshaft berlawanan arah jarum jamdengan menjalankan kick starter perlahan-lahan dan mentepatkan tanda “T”padaflywheel dengan tanda penunjuk padacrankcase kanan
.•Pastikan bahwa piston berada pada TMA (Titik Mati Atas) pada langkah kompressi.
                                                                                                                                     
•Posisi ini dapat diperoleh dengan memastikan bahwa ada kelonggaran pada rocker arm.
•Jika tidak ada kelonggaran, hal ini disebabkan oleh karena piston bergerak melalui TMA pada langkah pembuangan.
•Putar crankshaft satu putaran penuh dengan menggunakan kick starter dan menepatkan tanda “T”sekali lagi.
•Lepaskan sekrup dan O-ring dari cam chain tensioner lifter
•Pasang special tool pada badan tensioner dan putar toolsearah jarum jam sampai ia berhenti berputar
.•Tahan tensioner lifter dengan menekan tool sementaramentepatkan tabs (tonjolan) dari tool dengan alur-alurpada tensioner lifter
.•Lepaskan baut-baut cam sprocket dari decompressorweight
.•Lepaskan susunan decompressor weight.
•Ikat seutas kawat kepada cam chain untuk menjaga agar tidak jatuh ke dalam crankcase
•Lepaskan cam sprocket dari camshaft dan cam chain dari cam sprocket.
•Lepaskan baut-baut cylinder head.
•Lepaskan mur-mur dan washers dari camshaft holder dalam pola bersilang dalam dua atau tiga langkah
.•Lepaskan camshaft holder
.•Lepaskan dowel pins dari cylinder head.
•Lepaskan cylinder head.
•Lepaskan gasket dan dowel pins.
PISTON :
Cylinder dapat diservis dengan mesinterpasang pada rangka.
Lepaskan cylinder head
Lepaskan kaitan dari clip dan geserwater pipe (pipa air) ke dalam statorbase.
Lepaskan O-ring
.•Lepaskan cylinder.
•Lepaskan gasket dan dowel pins.
•Bersihkan sisa-sisa bahan gasket dari permukaan penyatuan cylinder pada crankcase
                                                                                                                                      
•Lepaskan piston pin clips dengan tang
.•Dorong piston pin keluar dari piston dan connecting rod, kemudian lepaskan piston
•Renggangkan masing-masing piston ring dan keluarkan dengan mengangkatnya ke atas pada sebuah titik berlawanan dengan celah pada ujung-ujungnya.
•Bersihkan endapan karbon dari alur ring dengan sebuah ring bekas yang tidak dipakai lagi.
MEMBONGKAR KOMPONEN BAGIAN KIRI :
A.1 – –CRANKCASE COVER . L / KICK STSRTERCRANKCASE COVER . L / KICK STSRTER
A. KICK STARTER /A. KICK STARTER /DRIVEDRIVE--DRIVEN PULLEY/CLUTCH DRIVEN PULLEY /CLUTCH
•Longgarkan band screw (sekrup pitapenjepit) dan lepaskan air duct (saluranudara) dari left crankcase cover (tutup kiribak mesin).
•Lepaskan crankcase breather drain hose(slang pembuangan/pernapasan bak mesin)dari hose clamp (klem slang).
•Lepaskan sebagai berikut:-Baut-baut cover-Carburetor drain hose clamp-Crankcase breather drain hose clamp-Rear brake cable clamp-Air vent hole cover
•Lepaskan left crankcase cover bersamadengan air management cover.
•Lepaskan kedua dowel pins, cover gasketdari left crankcase (bak mesin kiri)
•Bersihkan permukaan penyatuan gasket.
•Lepaskan air management cover
•Naikkan lock tabs dari left crank case cover plate dan lepaskan sekrup
•Lepaskan kick starter driven gea rsementara memutar kickstarter spindle
•Lepaskan thrust washer.
•Sebelum melepaskan kick starter pedal,tandai pedal dan spindle untuk penempatan posisi pemasangan yang tepat
.•Lepaskan baut dan pedal kick starter
•Lepaskan dust seal (sil debu) dari left crank case cover.
•Lepaskan snap ring dan washer darikickstarter spindle.
•Lepaskan kaitan dari return spring daripin pada crankcase cover.
•Lepaskan kickstarter spindle danreturn spring.
•Lepaskan spindle bushing dan collar                                                                                     
A.2 – –DRIVE PULLEYDRIVE PULLEY
Drive pulley dapat diservis dengan mesinterpasang pada rangka.
Lepaskan left crankcase cover 
Tahan drive pulley face dengan special tooldan longgarkan drive pulley face nut (mur muka drive pulley).
TOOL: Clutch center holder 
Lepaskan mur, washer, dan drive pulleyface.
Geser drive belt keluar dari drive pulleyboss dengan menekan drive belt
Lepaskan movable drive face assembly sementara memegang bagian belakang dari face (ramp plate) dan drive face boss.
Final Reduction :
•Final reduction dapat diservis dengan mesinterpasang pada rangka.
•Keluarkan oli final reduction
•Lepaskan sebagai berikut:
-Clutch/driven pulley
-Roda belakang
-Brake shoes (sepatu rem) belakang
•Lepaskan final reduction case breather hosedari final reduction case hose joint.
•Lepaskan baut-baut dan final reduction case.
•Lepaskan dowel pins dan gasket
.•Lepaskan sebagai berikut: 
-Counter gear 
-Final gear shaft
-Counter shaft
MEMBONGKAR KOMPONEN BAGIAN KANAN :
A.1 – Radiator Cover
•Lepaskan ketiga baut dan gerakkan radiator cover  ke depan.
•Lepaskan wire band boss dari radiator cover.                                                              26
•Lepaskan radiator cover dari radiator
A.2 – Radiator
•Keluarkan coolant
•Lepaskan radiator cover
•Lepaskan siphon hose dan water hoses (slang air) dari radiator.
•Lepaskan keempat baut/washer pemasangan radiator, radiator top cover dan radiator.
•Pemasangan adalah dalam urutan terbalik dari pelepasan.
•Isi dan buanglah udara dari sistem pendinginan Setelah pemasangan, pastikan bahwa tidak ada kebocoran coolant
A.3 – –COOLING FANCOOLING FAN
•Cooling fan (kipas pendingin) dapat diservis dengan mesin terpasang dirangka
.•Lepaskan radiator
 •Lepaskan ketiga baut dan cooling fan.
•Pemasangan adalah dalam urutan terbalik dari pelepasan.
•TORSI: COOLING FAN BOLT : 8 N.m(0,8 kgf.m, 5,9 lbf.ft)
A.4 – –RADIATOR RESERVE TANKRADIATOR RESERVE TANK
A. COOLING SYSTEMA. COOLING SYSTEM
•Lepaskan body cover
 •Jepit siphon hose dengan menggunakan hose clamp(klem slang).
•Lepaskan siphon hose dari radiator.
•Lepaskan hose clamp dan keluarkan coolant kedalam panci penampung.
•Lepaskan reserve tank overflow hose.
•Lepaskan kedua baut dan reserve tank.
A.5 - Thermostat
•Keluarkan coolant
•Lepaskan radiator cover 
•Lepaskan water hoses dari thermostat.                                                                       
•Lepaskan kedua baut dan thermostat.
•Lepaskan O-ring.
A.6 – –WATER PUMPWATER PUMP
•Water pump (pompa air) dapat diservis dengan mesin terpasang pada rangka.
•Keluarkan coolant
•Keluarkan oli mesin
•Lepaskan sebagai berikut:
•-Radiator  -Cooling fan •-Thermostart  -Right side cover 
•Lepaskan kedua baut, wire guide (pembimbingkawat) dan water pump cover.
•Lepaskan O-ring dari water pump cover.•Lepaskan dowel pins.
•Lepaskan clip dari water pipe dan geser water pipe ke sisi stator base
•Lepaskan sebagai berikut:
-Flywheel-Stator dan ignition pulse generator 
-Woodruff key (spie)
•Lepaskan keempat baut dan water pump/stator base.
•Lepaskan oil pump driven gear.
•Lepaskan water pump drive gear/oil pump shaft dan drive chain.
•Lepaskan water pump driven gear dari water pump shaft.
•Lepaskan dowel pins.
B.1 – –FLYWHEEL / STATORFLYWHEEL / STATOR
A.                ALTERNATORB. ALTERNATOR
•Lepaskan sebagai berikut: -Body cover -Radiator -Cooling fan-Thermostat
•Lepaskan baut-baut pemasangan dan rightside cover.
•Lepaskan kedua dowel pins.
•Tahan flywheel dengan special tool dan longgarkan flywheel nut.
•TOOL: Universal holder
                                                                                                                                       
 •Lepaskan flywheel nut dan washer.
•Lepaskan flywheel dengan menggunakanspecial tool.
•TOOL: Flywheel puller
•Lepaskan kawat alternator/ignition pulsegenerator dari wire bands dan wire guides.
•Lepaskan baut, wire holder dan lepaskanwire grommet dari crankcase kanan.
•Lepaskan kedua baut dan set plate dariignition pulse generator.
•Lepaskan ketiga socket bolts pemasangan,stator dan ignition pulse generator daristator base
•Lepaskan woodruff key (spie).
C.Pelumasan
C.1 – –POMPA OLI POMPA OLI
Ketika melepaskan oil pump, jangan membiarkan debu atau kotoran memasuki mesin.
Lepaskan water pump/stator base (dasar pompa air/stator)
Lepaskan kedua baut pemasangan dan oil pump.
MEMBONGKAR KOMPONEN BAGIAN TENGAH :
A.    Poros Engkol
•Lepaskan kaitan dari center stand return spring(pegas pengembalian standard tengah).
•Lepaskan cotter pin, washer, pivot shaft (porossumbu) dan center stand
•Lepaskan baut, set plate, spring dan plunger dari crank case kanan
•Lepaskan baut-baut crankcase dari crank case kanan.
•Tempatkan crankcase dengan crankcase kiri menghadap ke bawah dan belah crankcase kiri dan kanan.
•Lepaskan dowel pins dari crankcase kiri.
•Angkat cam chain lepas dari timing sprocket pada crankshaft seperti gambar di samping
•Pegang cam chain lepas timing sprocket danlepaskan crankshaft dari crankcase kiridengan menggunakan case puller (penarikbak mesin).
•Lepaskan cam chain.
•Lepaskan bantalan crankshaft kiri dengan menggunakan special tool.
                                                                                                                                      
•TOOL: Universal bearing puller
 •Lepaskan snap ring dan oil seal.
•Jika bantalan crankshaft kiri tertinggal di dalam crankcase,lepaskan dari sisi kanan.

No comments:

Post a Comment

silahkan tinggalkan komentar anda,biar saya dapat memperbaiki dan melayani anda dengan baik
makasih sudah berkunjung ke blogku kawan :)

Entri Populer

Contact Form

Name

Email *

Message *