Friday 7 March 2014

histologi

Histologi adalah salah satu cabang ilmu Anatomi, mempelajari struktur makhluk hidup (hewan dan manusia) secara mikroskopis, jadi pada kajian histologi kita akan selalu berhubungan dengan sel ataupun jaringan yang menyusun suatu organisme. Mikroskop merupakan alat utama yang diperlukan untuk mempelajari
histologi. hal penting dalam kajian histologi adalah mempelajari teknik dan metode pewarnaan karena sangat berhubungan erat dengan intepretasi struktur sel atau pun jaringan makhluk hidup. Metode rutin yang umum digunakan dalam pewarnaan untuk mempelajari sedian histologi adalah teknik pewarnaan Hematoksilin eosin dimana sitoplasma sel akan tercat merah dan dan dan inti sel akan tercat kebiruan. Beberapa teknik pewarnaan lain yang sering digunakan untuk kajian histologi antara lain; asam osmik, malory azan, impregnasi perak dan lain sebagainya. Masing-masing teknik pewarnaan jaringan digunakan untuk kebutuhan spesifik sesuai dengan kajian yang akan dilakukan dalam histologi.
Banyak mahasiswa menganggap ilmu anatomi dan cabang-cabangnya termasuk histologi adalak momok bagi mereka. Belajar histologi itu susah adalah anggapan yang tidak tepat. Hanya perlu sedikit ketekunan dan kejelian sehingga kita akan bisa menikmati nikmatnya belajar histologi. Mari kita belajar histologi!

No comments:

Post a Comment

silahkan tinggalkan komentar anda,biar saya dapat memperbaiki dan melayani anda dengan baik
makasih sudah berkunjung ke blogku kawan :)

Entri Populer

Contact Form

Name

Email *

Message *