Monday 31 March 2014

Fungsi Jaringan Ikat Bagi Tubuh

Fungsi Jaringan Ikat Bagi Tubuh. Fungsi jaringan ikat adalah baik untuk bergabungnya struktur tubuh seperti tulang dan otot satu sama lain atau menahan jaringan seperti otot, tendon, atau bahkan organ pada tempat yang tepat dalam tubuh. Hal ini juga memberi penguatan pada sendi, memperkuat dan mendukung artikulasi antara tulang. Fungsi lain dari jaringan ikat adalah transportasi nutrisi dan produk sampingan metabolisme antara aliran darah dan jaringan yang ini menerapkan sistem. Menciptakan jaringan serat padat, jaringan ikat terdiri dari protein seperti kolagen, elastin, dan cairan antar sel, dan sementara bentuknya dapat berkisar dari lembaran tipis ke tali serat, konstitusinya cukup
serupa di seluruh tubuh.
 Jaringan Ikat
Jaringan ikat dibedakan dari jenis serat lainnya dengan baik bentuk dan fungsinya. Jaringan ikat terdiri baik dari sel khusus yang membubuhkan ke jaringan lain
Ada empat kategori utama jaringan tubuh: saraf, epitel, otot, dan jaringan ikat. Jaringan saraf termasuk yang membentuk otak, sumsum tulang belakang, dan saraf. Jaringan epitel terjadi pada lapisan dan berkisar dari kulit ke lapisan-lapisan dari organ dan pembuluh. Jaringan otot ini mirip dengan jaringan ikat dalam bahwa itu adalah berserat, tetapi terdiri dari unit dalam sel-sel otot yang dikenal sebagai sarkomer yang dirancang untuk memperluas dan kontraksi, yang memungkinkan jaringan untuk mengubah panjang, dan memetabolisme nutrisi yang sangat berbeda dari jaringan ikat.
Jaringan ikat dibedakan dari jenis serat lainnya dengan baik bentuk dan fungsinya. Jaringan ikat terdiri baik dari sel khusus yang membubuhkan ke jaringan lain serta apa yang dikenal sebagai matriks ekstraseluler. Atribut yang paling khas, matriks ini terdiri dari fluida, substansi ground, gel yang mengandung molekul nutrisi seperti asam hyaluronic yang terdiri dari karbohidrat dan protein, dan serat berbasis protein seperti kolagen dan elastin. Serat memberikan jaringan padatnya dan kekuatan dan apa yang memberikan menyelangi kepada fungsi jaringan ikat.
Pembubuhan ke tulang, otot, atau jaringan lain di dekatnya, jaringan ikat didistribusikan ke seluruh tubuh, membentuk tendon, ligamen, tulang rawan, lemak, dan bahkan berkontribusi terhadap darah dan getah bening. Salah satu fungsi jaringan ikat adalah untuk menghubungkan struktur gerak. Otot melekat pada tulang bergerak dengan tendon, panjang tebal jaringan ikat yang menarik pada tulang seperti tali. Demikian pula, tulang bergabung satu sama lain pada sendi oleh ligamen, yang mungkin mirip band sempit atau lembar yang luas. Ligamen tidak hanya memegang tulang bersama-sama tapi mencegah sendi bergerak di luar kisaran normal gerak, dan mereka juga mendukung tulang pada sendi, seperti dalam menjaga lengan dari muncul keluar dari soket di sendi bahu.
Namun fungsi lain dari jaringan ikat adalah untuk merangkum struktur seperti otot dan sendi dan dengan demikian mengangkut nutrisi penting antara struktur dan aliran darah. Sementara jaringan ikat itu sendiri cenderung tidak menjadi sangat padat dengan kapiler, itu melakukan oksigen dan nutrisi dari tempat dasar kapiler di dekatnya ke dalam jaringan yang menempel. Selanjutnya, pada saat produk limbah dibuang dari jaringan, jaringan ikat bergerak kembali ke dalam aliran darah untuk dihapus dari tubuh.
Jaringan ikat juga memberikan kontribusi untuk penyimpanan energi, sebagai jaringan adiposa atau lemak adalah bentuk jaringan ikat, serta fungsi kekebalan tubuh, karena banyak jenis sel kekebalan tubuh, seperti mereka yang menciptakan jaringan parut, adalah bentuk-bentuk jaringan ikat. Akhirnya, jaringan ikat memberikan banyak organ bentuk dan memegang mereka di tempat dalam rongga tubuh masing-masing. Ia melakukannya dengan membentuk kantung yang berisi organ dan melampirkan struktur di dekatnya sehingga mereka tidak hanya mengapung dengan bebas.

No comments:

Post a Comment

silahkan tinggalkan komentar anda,biar saya dapat memperbaiki dan melayani anda dengan baik
makasih sudah berkunjung ke blogku kawan :)

Entri Populer

Contact Form

Name

Email *

Message *