Saturday 15 March 2014

epitel kelenjar,ciri fungsi dan lokasi

Epitelium adalah jenis yang paling sederhana dari jaringan dalam tubuh manusia. Epitel kelenjar adalah jenis jaringan epitelium yang bertanggung jawab untuk pembentukan kelenjar. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut ..
Epitel Kelenjar
Epitel Kelenjar (Glanular Epitel)
Jaringan epitel menutupi seluruh permukaan tubuh manusia. Selain
itu juga meliputi organ-organ internal. Jaringan epitel yang hadir di bagian dalam tubuh disebut endotelium. Jaringan epitel juga disebut jaringan avaskular karena tidak ada pasokan langsung dari darah ke jaringan ini. Ini juga merupakan salah satu jaringan yang paling sederhana dengan struktur primitif. Ada dua kategori utama dari jaringan epitel, jaringan epitel sederhana dengan satu lapisan sel dan jaringan epitel berlapis dengan dua atau lebih lapisan sel. Hal ini dapat dibagi lagi tergantung pada bentuk dan fungsi sel. Epitel kelenjar adalah jenis jaringan epitel lurik yang meliputi organ-organ yang berhubungan dengan sekresi.

Lokasi

Epitel kelenjar membentuk tudung dari semua kelenjar utama. Hal ini juga hadir dalam lapisan usus. Ada dua jenis utama dari kelenjar endokrin dan eksokrin. Kelenjar endokrin yang berhubungan dengan sekresi zat-zat yang digunakan secara internal oleh tubuh, misalnya hormon. Kelenjar eksokrin mengeluarkan zat yang akan dikeluarkan oleh tubuh, misalnya lendir, keringat dll kelenjar endokrin melepaskan sekresinya langsung dalam aliran darah, dari mana mereka melakukan perjalanan ke organ sasaran, sedangkan kelenjar eksokrin mencapai organ sasaran melalui media saluran. Kedua kelenjar ini menghasilkan sekresi mereka melalui jaringan epitel kelenjar yang terdiri dari beberapa sel-sel khusus yang disebut sel goblet.

Karakteristik

Salah satu ciri khas sel epitel adalah bahwa sel-sel yang berdempetan dengan sedikit atau tanpa spasi intraseluler. Sel-sel yang kuboid dalam bentuk dengan beberapa lapisan. Sebuah membran basement selalu hadir yang memisahkan jaringan epitel dari jaringan lain. Sel-sel yang uninukleat dengan inti tunggal yang besar. Sel yang penuh dengan sejumlah besar jelas, sitoplasma yang transparan. Sel-sel berkembang biak dengan proses mitosis sederhana.

Fungsi

Sekresi adalah fungsi utama dari epitel kelenjar. Ini terdiri dari sel-sel goblet yang mengkhususkan diri dalam sintesis dan sekresi beberapa bahan kimia. Bahkan sel-sel epitel kolumnar yang normal menjadi spesialis dalam sintesis kimia seperti enzim, hormon, susu, lendir, keringat, lilin dan air liur. Kelenjar epitelium hadir dalam lapisan usus membantu dalam penyerapan nutrisi. Dengan demikian, membantu dalam proses pencernaan. Epitel kelenjar eksokrin dalam kelenjar mengeluarkan lendir yang diangkut oleh jaringan pembuluh darah. Epitel kelenjar endoserviks dikaitkan dengan berbagai fungsi seksual. Ini mencakup sekresi cairan pelumas selama gairah seksual. Selain itu, juga berkaitan dengan berbagai fungsi reproduksi.

Cara Sekresi di Epitelium kelenjar

Pada dasarnya ada tiga mode sekresi pada epitel kelenjar. Sekresi Merocrine adalah jenis sekresi di mana zat sekresi dalam sitoplasma sel, yang dikumpulkan di daerah apikal sel. Kemudian isinya dirilis bersama dengan fusi membran. Sekresi apokrin meliputi debit konten dengan memecah lumen sel. Jenis sekresi terutama melibatkan hormon seks yang mengaktifkan sekitar pubertas. Sekresi Holocrine adalah jenis sekresi di mana sel menjadi bengkak oleh produk sekretori dan kemudian hancur menjadi bagian dari produk sekretori.
Epitel kelenjar merupakan jaringan epitel multi-fungsional. Ini menggabungkan dengan jaringan lain dari tubuh untuk melakukan berbagai fungsi penting dalam tubuh. Setiap kelainan pada jaringan ini secara langsung mengarah pada disfungsi kelenjar yang bersangkutan

No comments:

Post a Comment

silahkan tinggalkan komentar anda,biar saya dapat memperbaiki dan melayani anda dengan baik
makasih sudah berkunjung ke blogku kawan :)

Entri Populer

Contact Form

Name

Email *

Message *